Etika Profesi – Tugas 2

28 Apr

Jelaskan berbagai organisasi profesi beserta kode etik profesinya yang relevan dengan bidang Teknik Industri baik regional maupun global (minimal 5).

  1. Persatuan Insinyur Indonesia (PII)

Prinsip-prinsip dasar dasar dari PII yaitu mengutamakan keluhuran budi. Menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk kepentingan kesejahteraan umat manusia. Bekerja secara sungguh-sungguh untuk kepentingan masyarakat, sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya. Meningkatkan kompetensi dan martabat berdasarkan keahlian professional keinsinyuran. PII berdasarkan bentuk dan warna dapat diartikan yaitu berdiri teguh di atas kaki sendiri, berbakti untuk kemajuan bangsa Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terpengaruh oleh sesuatu aliran politik dan memberi kontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat.

  1. Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)

 

ISTMI bertanggung jawab atas pengembangan keilmuan dan penerapan dimasyarakat dan akan selalu berupaya agar tercapai kondisi yang efisien dan optimal dalam segenap upaya bagi perbaikan dalam pembangunan dan pemeliharaan system. ISTMI akan senantiasa menghormati dan menghargai keterlibatan mereka dan akan selalu mendayagunakan disiplin Teknik Industri dan Manajemen Industri akan dapat lebih dioptimalkan dalam upaya mencapai hasil terbaik..

  1. American Society of Mechanical Engineering (ASME)

 

Insinyur memegang terpenting kesalamatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dalam pelaksanaan tugas professional mereka, selain itu insinyur akan melakukan pelayanan hanya dalam bidang kompensasi mereka. Insinyur akan membangun reputasi professional mereka pada jasa layanan mereka dan tidak akan bersaing secara tidak adil dengan orang lain.

  1. Institute of Industrial Engineering (IEE)

 

Insinyur harus bertindak dalam hal professional untuk setiap majikan atau klien sebagai agen setia atau wali dan akan menghindari konflik kepentingan dan akan membangun reputasi profesional mereka atas jasa layanan mereka dan tidak akan bersaing secara tidak adil dengan orang lain.

  1. Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI)

 

Seorang ergonom harus memenuhi tanggung jawab professional dengan penuh kejujuran selain itu seorang ergonom harus menghormati fakta, menyatakan opini dengan jujur dan berprilaku sedemikian rupa untuk mempertahankan integritas dan munculnya integritas kemudian memberi informasi kepada klien (dengan cara yang tepat) jika ada kesalahan atau eror yang telah dibuat.

Referensi:

http://books.google.co.id/books?

http://pii.ocid/kode-etik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: